Connect with us

Daerah

Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Awali Pembangunan Wisata Religi

Published

on

Mesuji – Bupati Mesuji H. Saply TH, didampingi Wakil Bupati Mesuji, Haryati Candralela, S.Sos lakukan peletakan batu pertama Wisata Religi yang merupakan simbol ke islaman yang ramah, ke islaman yang moderat dan merupakan pilar keberagaman, jumat (26/02/2021).

Disampaikan Bupati Mesuji H. Saply TH, pembangunan Masjid Agung dan Wisata Religi ini dibangun pada lahan seluas 92.128 M2 di Jalan Lintas Sumatera Desa Wira Bangun dan akan menghabiskan anggaran kurang lebih 73 milyar dengan dana yang bersumber dari APBD-P 2020, APBD dan APBD-P 2021 dengan metode pengerjaan multiyears yang akan berlangsung hingga tahun 2022.

“Sekali lagi proyek ini memiliki arti penting bagi Kabupaten Mesuji, hal ini relevan dengan Kabupaten Mesuji yang merupakan daerah yang majemuk. Masjid dan tempat wisata religi ini dapat menjadi simbol ke islaman yang ramah, ke islaman yang moderat yang menjadi pilar keberagaman Kabupaten Mesuji,” ucap Saply.

Lanjut Saply, dengan dibangunnya sektor pariwisata dapat menjadi pendongkrak Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mesuji.

“Saya ingin menyampaikan beberapa pesan diantaranya, rencana yang begitu baik, desain yang begitu indah tadi jangan mengabaikan keramahan dan kelestarian lingkungan. Justru eco-tourisms, kepariwisataan yang berdimensi lingkungan itu menjadi sangat penting,” jelas Saply.

Masih kata Saply, hormati nilai-nilai lokal, nilai-nilai agama dan nilai adat istiadat setempat. Dengan demikian melalui pengaturan yang baik sedemikian rupa maka pariwisata berkembang, ekonomi berkembang, penghasilan rakyat meningkat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan nilai-nilai adat lokal.

“Libatkan penduduk lokal jangan sampai lima tahun, sepuluh tahun atau lima belas tahun lagi disaat tempat ini berkembang baik, penduduk disekitar sini tidak mendapat kesejahteraan yang layak juga tempat ini kita harus jaga agar tetap berseri dan indah serta berikan pelayanan yang ramah kepada para pengunjung yang datang,” Tandasnya.(rma)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Dinsos Mesuji Komitmen Pelayanan Ekstra ke Warga

Published

on

Mesuji – Guna menurunkan tingkat persentase kemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Mesuji akan terus melakukan pelayan yang extra terhadap masyarakat di 105 Desa, yang tersebar di tujuh Kecamatan.

Adapun pelayanan yang akan ditingkatkan oleh Dinas Sosial ialah pelayan dalam hal Perlindungan Jaminan Sosial, Pelayanan Pemberdayaan Sosial, Rehabilitasi Sosial dan Penanganan Fakir Miskin.

Ditemui di ruang kerjanya Sekretaris yang juga sebagai PLT Kepala Dinas Sosial Amat Roffi’i menjelaskan, bahwa Dinas Sosial adalah perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dan pihaknya akan mendukung dan melaksanakan semua Program Pro Rakyat yang terdahulu dan yang akan datang serta mendukung program yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Mesuji.

“Kami dari Dinas Sosial akan terus mendukung dan melanjutkan Program Pemerintah Daerah (Bupati), dan amanah yang diberikan kepada saya ini Insyallah akan saya jaga sebaik mungkin karna ini adalah satu penghargaan untuk saya,” jelas Amat Roffi’i yang belum lama menjabat sebagai PLT Kadis Sosial, Selasa (09/03/2021)

Lanjut Roffi’i, pada tahun 2019 tingkat persentase kemiskinan di Mesuji mencapai 14,74%, dan dengan adanya program-program Pro Rakyat yang di lakukan oleh Bupati Mesuji maka pada tahun 2020 tingkat kemiskinan turun hingga 7,33%, dan Dinas Sosial menargetkan pada tahun 2021 ini, tingkat kemiskinan di Kabupaten Mesuji bisa turun sampai 5,50%.

“Ya, seperti yang kita tau tahun 2019 sampai 2020 Persentase kemiskinan di Mesuji terus menurun dari semula 14,74% menjadi 7,33% itu suatu pencapaian yang sangat baik maka di tahun 2021 ini kita menargetkan tingkat kemiskinan bisa mencapai 5,50% tentunya target tersebut bisa di capai dengan dukungan dari semua pihak,” pungkasnya.(rma)

Continue Reading

Daerah

Dinas Pertanian Mesuji Invetarisir Banjir di Lahan Petani

Published

on

Mesuji – Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji tinjau lahan pertanian masyarakat Kecamatan Way Serdang, yang terendam banjir akibat cuaca ektrim dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan tanggul penahan air jebol.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Pariman, pihaknya sudah melakukan pengecekan lahan persawahan masyarakat yang berada di Desa Agung Batin Kecamatan Way Serdang yang dimungkinkan terancam gagal panen akibat terendam banjir.

“Saat ini pihak dinas sedang melakukan pengamatan tentang dampak banjir yang merendam hampir 40 Hektar lahan sawah milik warga Agung Batin Kecamatan Way Serdang tersebut, juga menghitung biaya kerugian untuk diperjuangkan mendapat bantuan benih pada tanam gaduh april mendatang,” jelas Pariman.(rma)

Continue Reading

Daerah

Serahkan SK PPPK, Saply Pesan Kerja Jujur

Published

on

Mesuji – Sebanyak 54 peserta yang lulus seleksi PPPK baik guru maupun tenaga penyuluh gembira setelah menerima Keputusan Bupati Mesuji Nomor : KP.02.04/418/V.03/KPTS/MSJ/2021 Tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Mesuji, Senin (01/03/2021)

Bupati Mesuji H. Saply TH mengucapkan selamat kepada semua yang telah menerima SK pengangkatan PPPK sehingga sangat patut disyukuri dengan cara bekerja yang luar biasa untuk menghasilkan sesuatu yang hebat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“PPPK harus adaptif terhadap perkembangan jaman dan berinovasi, karena Pemerintah Kabupaten Mesuji bisa segera maju jika mampu melakukan akselerasi, terobosan, langkah inovatif dan kreatif untuk bersaing, kita harus berubah,” ucap Saply TH.

Lanjut Saply TH, ia juga berpesan agar dalam setiap melaksanakan tugas, wajib hukumnya untuk selalu berpedoman kepada peraturan perundang–undangan yang berlaku.

“Senantiasa menjalin kebersamaan dan kerja sama, laksanakan tugas dengan penuh dedikasi, loyalitas, jujur dan bertanggung jawab sehingga nantinya akan bernilai ibadah yang menuntun saudara mencapai kesuksesan dan semoga para PPPK yang baru diangkat dapat menjadi amunisi baru untuk mewujudkan Kabupaten Mesuji yang sejahtera, aman dan berkeadilan,” tandas Saply TH.

Selain itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mesuji Yopi Saputra berharap, kepada lima puluh empat PPPK yang terdiri atas tiga puluh delapan guru dan enam belas penyuluh pertanian dengan kontrak kerja selama lima tahun tersebut dapat lebih termotivasi dan berkinerja lebih baik,” harapnya. (Rma)

Continue Reading

BERITA POPULER