Connect with us

Lampungku

Herman HN Siap Maksimalkan Imbauan Menkopolhukam Soal Kampanye

Published

on

Bandar Lampung – Walikota Bandar Lampung Herman HN, beserta Jajaran Forkopimda, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung mengikuti Rakor Analisa Evaluasi Pelaksana Kampanye Serentak Tahun 2020 oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, di Ruang Rapat Walikota pada hari Jum’at (2/10)

Rakor dipimpin langsung oleh Menkupolhukam Mahfud MD membahas terkait kampanye serentak pemilihan kepala daerah di tengah pendemi covid 19.

Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan Pemilihan Kepala Daerah tetap dilaksanakan dalam situasi pandemi Covi-19 saat ini.

Dalam rapat koordinasi secara virtual Menkopolhukam menekankan dalam pelaksanaan kampanye, wajib kepada setiap Daerah yang melaksanakan Pilkada untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya kampanye melalui media sosial/daring.dan membatasi peserta dalam masa kampanye.

Mahfud MD kembali menegaskan bagi yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan di setiap kampanye ada sanksi tegas dari pemerintah.

Dia menghimbau agar setiap Daerah yang melaksanakan Pilkada untuk mengintensifkan Sosialisasi dan Diseminasi Informasi Pilkada.

Menkopolhukam berharap kepada pasangan calon di 270 Daerah, untuk berkomitmen berkampanye sehat serta mengkampanyekan protokol kesehatan dengan tetap memberikan masker serta face shield Kepada peserta kampanye serta pembatasan minimal 50 orang yang mengikuti kampanye setiap paslon di masing-masing daerah. (rls/Har)

Advertisement

Berita Utama

Pasar Way Halim Tersehat di Indonesia

Published

on

Bandarlampung – Kepala Badan POM RI Dr. Penny K. Lukito, MCP memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Bandar Lampung atas pencapaian pasar Way Halim sebagai pasar sehat dan layak pangan dengan memberikan percontohan pasar aman dari bahan berbahaya.(16/10)

Walikota Herman HN sangat berterima kasih atas pencapaian Pasar Way Halim yang sudah di kelelola PD pasar tapis berseri mendapatkan predikat pasar terbersih serta layak pangan.

Tidak hanya Pasar Wayhalim, ia juga membeberkan pasar yang telah dikelola dalam kurun dua periode.

“Kita ada tujuh Pasar yang sudah di kelola Pemerintahan Kota seperti Pasar Wayhalim, Kemiling, Pasar Panjang bagian belakang, Pasar Bambu Kuning, Smep, Pasar Tugu, dan itu yang bangun saya. Tidak tidur walikotanya,” katanya

“Masa’ ada yang bilang pasar nggak dibangun gak diurus dari mana, makanya saya imbau keliling pasar dulu biar tidak asal bicara,”celetuknya.

Pencapaian ini, dikatakannya tidak lain kerja sama pemerintah Kota Bandar lampung dengan pedagang. Hingga mendapatkan predikat pasar terbaik seindonesia.
Herman HN memperhatikan bahwa pengelolaan pasar di Kota Bandarlampung sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan sebutan Pasar Wayhalim yang meraih predikat pasar terbaik Nasional dengan predikat pasar sehat dan layak pangan.

“Pedagang harus tertib, cek makannya. Pasar ini nomor satu di Indonesia dengan penilaian yang tidak semudah orang omong ada kriterianya seperti kebersihan pasar. Tata letak kios dan pangan apakah layak konsumsi atau tidak, ‘tandasnya. (har)

Continue Reading

Berita Utama

Soal Kebersihan, Herman HN : Saya Berani Bersaing Nasional!

Published

on

Bandar Lampung – Walikota Bandar Lampung Herman HN menampik persepsi terkait pengelolaan TPA Bakung yang tidak maksimal.(15/10)

“Kata siapa coba dicek kesana dulu dong. Kita sudah pasang DAM dan kita tambah lagi disana. Jangan asal bicara, dilihat apakah sudah benar jika TPA itu over kapasitas. Kita belum ada penambahan TPA karena itu saja bisa10 tahun kedepan masih bisa karena kan kapasitas nya luas, semua bisa buang di situ,” tegasnya.

Kemudian, Herman HN juga membeberkan soal Ruang Terbuka Hijau yang menurutnya masih kesulitan terkait ketersediaan lahan.”Tanah kita gak ada, mau gusur orang. Harganya mahal. Mau pelebaran jalan mahal harganya, paling rendah Rp5 -7 juta permeter, saya juga ingin kota Bandar Lampung ini lebih baik lagi,” ujarnya.

Kembali soal sampah, Herman menjelaskan untuk sampah sudah di atur oleh bagian kebersihan kota bandar lampung.”Adipura itu bisa didapat kembali, itu saya ditawarin suruh bayar buat apa. kalau saya mau 10 tahun (Berturut-turut ‘red) bisa dapat saya. Saya gak mau, kalau kebersihan ayok bersaing dengan daerah mana. Gak usah Lampunglah, nasional-lah ayok bersaing dengan saya soal sampah,” cetusnya.

Menurutnya, jika lihat TPA kotor itu merupakan hal yang lumrah karena merupakan tempatnya sampah.”Ya emang kotor karena untuk membuang sampah. Saya intinya gak mau bayar untuk Adipura, kalau saya ikutin terus setiap tahun, Herman HN WTP saja 10 kali. Tapi saya ini gak mau bayar. Mending saya gunakan untuk memperbagus jalan atau apa saja yang penting buat kemaslahatan masyarakat. Sudah ada 10 ribu lebih rumah warga kurang mampu kita bantu dengan program bedah rumah,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung, Sahriwansyah, menegaskan dalam tupoksinya pada pengelolaan sampah, pihaknya mengaku telah melakukan pengangkutan sampah dari hulu sampai ke hilir.

“Informasi yang benar adalah informasi dari kami, karena kami menggunakan data. Jika ada berita yang lain, ini saya luruskan. Sehingga tidak terjadi simpang siur di masyarakat,” ucap Sahriwansyah,

Dirinya membeberkan pengelolaan di Kota Bandarlampung, khususnya sampah yang berasal dari masyarakat masih dapat terkendali. Sebab jumlah armada yang dimiliki Pemerintah Kota Bandarlampung masih dapat beroperasi dengan baik.

Seperti dum truk, total keseluruhannya berjumlah 89 unit. Kini masih ada 73 unit yang masih beroperasi dengan baik. Sementara 12 kendaraan masuk dalam kategori rusak dan akan dilakukan penghapusan di tahun ini.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga memiliki kendaraan truk amrol, yang berfungsi sebagai armada pengangkut container sampah yang tersebar di tempat pembuangan sampah sementara di Kota Bandarlampung.

“Itu berjumlah 38 unit. Dan 2 sudah rusak berat. 1 unit terbakar di teluk, yang 36 beroperasi dalam kondisi baik,” jelasnya.

Sementara dalam pengelolaan sampah di pusat kota, ia mengatakan Dinas Lingkungan Hidup sejak lama memiliki Satgas khsus yang terus beroperasi untuk menjaga kebersihan di Kota Bandarlampung.

Satgas sendiri mengoperasikan sebanyak 35 unit mobil pickup. Namun 2 unit kini telah dalam keadaan rusak berat dan akan dilakukan penghapusan.

“Ini yang saya sebut satgas, artinya setelah terangkut dengan dump truck dan truck amrol, satgas akan menyisir sampah yang dibuang masyarakat di jalanan,” kata dia.

Selain pickup, satgas juga mengoperasikan kendaraan roda tiga sebanyak 48 unit. Namun 15 unit sudah tidak layak. Sementara yang beroperasi sebanyak 33 unit. (har)

Continue Reading

Bisnis

Herman HN Berani Teken Kontrak Soal Izin Usaha dan Buruh

Published

on

Bandar Lampung- Walikota Bandar Lampung Herman HN menerima perwakilan aksi dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di ruang rapat Walikota.(12/10)

Dalam pertemuan dengan perwakilan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Perwakilan mahasiswa meminta kepada pemerintah Kota Bandarlampung agar lebih mengoptimalkan pencegahan penyebaran wabah covid-19. Juga meminta eksekutif dan legislatif untuk membuat pernyataan bersama menolak UU Omnibus Law.

Selanjutnya perwakilan Mahasiswa membuat draft tuntutan kepada pemerintah kota daerah agar tidak adanya diskriminasi kepada para buruh dan meminta pihak pemerintah kota lebih berpihak kepada buruh.

Ada tiga poin yang menjadi acuan tuntutan para aksi demo hari inii kepada walikota bandar lampung.

Kesepakatan yang di buat perwakilan dari ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yaitu, setiap izin usaha harus ada izin lingkungan agar tidak pencemaran di lingkungan masyarakat. Perihal PHK dan Gaji Buruh dinaikan terlebih dahulu sebesar 100 persen atau dua kali lipat baru selanjutnya di berikan pesangon sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku apabila perusahaan
Tidak melaksanakan akan diberikan sanksi izin pencabutan usaha. Serta upah buruh perjamnya di tentukan oleh pemerintah daerah dan naik setiap tahunnya. Masyarakat kecil tidak boleh di sengsara kan.

Surat kesepakatan ditandatangani langsung Walikota Bandarlampung Herman HN di terima oleh seluruh aksi Demo dari IMM.

Orasi yang berjalan damai dijaga ketat dari aparat gabungan TNI-Polri serta Satuan Pol PP Kota Bandarlampung. (Har)

Continue Reading

BERITA POPULER