Connect with us

Pendidikan

Kangen Sekolah? Sabar Sampai Januari 2021

Published

on

Bandar Lampung-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan dalam penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 termasuk di Provinsi Lampung akan dimulai pada bulan januari 2021.

Hal ini telah melalui keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19

“Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dimulai pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau pada bulan januari 2021,” ujar Sulpakar.

Sulpakar menjelaskan namun demikian, prinsip kebijakan pendidikan dimasa pandemi Covid-19 tetap pada kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga masyarakat, dan masyarakat.

“Ini tetap merupakan prioritas utama termasuk tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi Covid-19,” katanya.

Ia menyebutkan seluruh pemangku kepentingan agar mendukung pemerintah daerah dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

“Bupati/Walikota/KaKanwil Kemenag dapat mendorong semua sekolah melakukan kesiapan pembelajaran tatap muka dan satgas Covid-19 agar mendukung SKB empat Menteri dalam membuat ketentuan pembelajaran dimasa pandemi ini,” ujarnya.

Menurutnya, dalam penentuan pemberian izin pembelajaran tatap muka, tetap pada kewenangan penuh pemerinah daerah /kanwil/kantor Kemenag.

“Pemberian izin dapat dilakukan secara serentak atau bertahap per wilayah kecamatan dan atau desa/kelurahan, Bupati/Walikota perlu melakukan antisipasi kesiapan agar tatap muka tidak menjadi klaster baru dalam pendidikan,” katanya.

Sulpakar mengatakan Dinas Kesehatan juga agar meningkatkan peran puskesmas dalam menerapkan protokol kesehatan dan mendukung kesiapan sekolah dalam memulai pembelajaran tatap muka.

“Termasuk akan ada SOP mulai dari masuk kesekolah, memulai pembelajar, hingga sampai dirumah, untuk itu pentingnya peran keluarga/orang tua juga dalam pelaksanaan ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan seluruh Kabupaten/Kota terutama Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Pesawaran yang masuk dalam zona merah jangan berhenti dalam meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

“Dengan memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak atau menghindari kerumunan,” ujar Reihana.

Reihana menyebutkan Kabupaten/Kota juga harus melakukan pembentukan tim crisis dilingkungan perkantoran (ASN), pembatasan mobilitas (sosial distancing) pergerakan,
pembatasan izin keramaian dan pengawasan ketat dipintu masuk.

“Kabupaten/Kota juga menyiapkan sarana isolasi dan karantina (orang yang belum keluar hasil swab), pemantauan ketat orang yang sedang isolasi dan karantina agar tidak melakukan mobilitas keluar sarana isolasi/karantina,” katanya. (Har)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Herman HN Minta Guru Selalu Kompak

Published

on

Bandar Lampung-Wali Kota Bandarlampung, Herman HN menghadiri Hari jadi PGRI ke-75 dan HGN Tahun 2020 di SMPN 23 Jalan Jend. Sudirman Enggal Rawa Laut.(24/11)

Herman HN menginginkan guru khususnya di Bandarlampung kompak bekerjasama untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak di Kota Bandarlampung lebih baik lagi termasuk iman dan takwanya harus lebih baik lagi kedepan.

Dia juga melanjutkan soal pendidikan di Kota Bandarlampung sudah cukup baik dan bagus seperti semua sarana dan prasarana seperti gedung dan lainnya diperbaiki semua.

“Saya minta jaga kekompakan bagaimanapun guru harus eksis terus dan anak-anak harus cerdas semua dan budi pekerti baik. Itu tujuan dari pada mengajar,”pesan Herman HN.

Pemerintah Kota Bandar Lampung telah memberikan berbagai fasilitas untuk menunjang kesejahteraan guru di Kota Bandarlampung dalam bentuk seragam gratis, insentif, pendidikan guru S1 hingga S2 dilaksanakan serta sertifikasi guru.

“Artinya, kita ingin bagaimana mencerdaskan anak bangsa harus kita dukung sepenuhnya,” tuturnya.

Sementara Ketua PGRI Kota Bandarlampung, Yuni mengucapkan rasa syukur pada tahun ini PGRI dan guru melaksanakan ulang tahunnya ke-75, sementara HGN adalah setiap tahun dilaksanakan.

Dalam pelaksanaan ulang tahun kali ini kita bekerjasama dari seluruh guru pengurus PGRI Kota Bandarlampung dan juga para donatur yang tidak mengikat. Khususnya dukungan dari Walikota Herman HNw dan jajarannya yang sangat tinggi sekali hingga terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini berhubungan masih adanya Covid-19 maka kita hanya mengandakan kegiatan bakti sosial (baksos) yang difokuskan, sementara untuk upacara-upacara dilaksanakan secara webinar dan virtual.

Untuk saat ini kegiatan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bandarlampung menyerahkan bantuan sosial (Bansos) kepada sebanyak 40 rumah panti asuhan se Kota Bandarlampung dalam rangka memeriahkan HUT PGRI Ke-75 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020.

Penyerahan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Bandarlampung Herman HN yang didampingi langsung Ketua PGRI Kota Bandarlampung Yuni Herwanto.

Lanjutnya, bantuan sosial yang disalurkan yaitu terkumpul beras 8.442 kg, minyak goreng 546 liter dan mi instan 44 dus dan gula 200 kg.

“Penyerahan akan kita kirim ke rumah-rumah yatim piatu sebanyak 40 rumah yatim, 200 kaum duafa, 100 penyapu jalan dan masih sisa tadi diberikan kepada penjaga-penjaga sekolah yang memang tidak mampu,” kata Yuni Herwanto. (Har)

Continue Reading

Daerah

Herman HN Larang Sekolah Negeri Pungut Uang Komite

Published

on

Bandar Lampung -Walikota Bandarlampung Herman HN dengan tegas mengatakan kepada semua sekolah negeri untuk tidak memungut uang Komite sekolah di masa covid seperti ini.

” Ya untuk sekolah negeri gak usah lah. Kan gak sekolah ngapain ada penarikan uang komite, ” tegas Herman HN usai menerima Kunker Bupati Bengkulu Tengah, Selasa, (20/10)

Herman menjelaskan jika masih ada sekolah yang kedapatan melakukan penarikan uang Komite maka ia tak akan segan -segan untuk melakukan pemeriksaan terkait hal tersebut.

” Kita akan lihat untuk di gunakan apa uang Komite tersebut, apalagi kegiatan sekolah sudah tidak ada. Semuanya harus berjalan dengan baik, gaji guru lancar, gaji 13 dan gaji 14 lancar, sertifikasi lancar,” ujarnya.

Ketentuan ini berkaitan dengan kebijakan walikota yang memperpanjang sekolah daring dari rumah hingga tanggal 3 Januari 2021.

“Ini supaya agar anak didik kita sehat semua. Kita harus hati-hati karena penyebaran virus bukan berhenti malah semakin meningkat. Untuk ini kita harus bersabar karena wabah ini lagi meningkat dalam 2 bulan ini saja sudah 500 lebih yang kena, jadi harus kita hati-hati,” ujarnya.

Dan ia juga meminta kepada semua peserta didik sekolah agar bisa meningkatkan pembelajaran dari rumah secara daring dalam keadaan pemdemi ini.

” Pesan walikota pokoknya anak-anak harus naik kelas semua gak ada yang gak naik,” tegas Herman HN.

Sebentar lagi memasuki libur panjang akhir Oktober, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Bandar lampung agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Jaga protokol kesehatan, dengan 3 M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, begitu juga pengunjung luar daerah, silahkan datang ke kota bandar lampung namun protokol kesehatan nya harus jalani, ” tandasnya. (har)

Continue Reading

Daerah

Bantu Pengembangan Pendidikan, Itera Kasih Penghargaan Herman HN

Published

on

Continue Reading

BERITA POPULER