Connect with us

Berita Utama

Soal Kebersihan, Herman HN : Saya Berani Bersaing Nasional!

Published

on

Bandar Lampung – Walikota Bandar Lampung Herman HN menampik persepsi terkait pengelolaan TPA Bakung yang tidak maksimal.(15/10)

“Kata siapa coba dicek kesana dulu dong. Kita sudah pasang DAM dan kita tambah lagi disana. Jangan asal bicara, dilihat apakah sudah benar jika TPA itu over kapasitas. Kita belum ada penambahan TPA karena itu saja bisa10 tahun kedepan masih bisa karena kan kapasitas nya luas, semua bisa buang di situ,” tegasnya.

Kemudian, Herman HN juga membeberkan soal Ruang Terbuka Hijau yang menurutnya masih kesulitan terkait ketersediaan lahan.”Tanah kita gak ada, mau gusur orang. Harganya mahal. Mau pelebaran jalan mahal harganya, paling rendah Rp5 -7 juta permeter, saya juga ingin kota Bandar Lampung ini lebih baik lagi,” ujarnya.

Kembali soal sampah, Herman menjelaskan untuk sampah sudah di atur oleh bagian kebersihan kota bandar lampung.”Adipura itu bisa didapat kembali, itu saya ditawarin suruh bayar buat apa. kalau saya mau 10 tahun (Berturut-turut ‘red) bisa dapat saya. Saya gak mau, kalau kebersihan ayok bersaing dengan daerah mana. Gak usah Lampunglah, nasional-lah ayok bersaing dengan saya soal sampah,” cetusnya.

Menurutnya, jika lihat TPA kotor itu merupakan hal yang lumrah karena merupakan tempatnya sampah.”Ya emang kotor karena untuk membuang sampah. Saya intinya gak mau bayar untuk Adipura, kalau saya ikutin terus setiap tahun, Herman HN WTP saja 10 kali. Tapi saya ini gak mau bayar. Mending saya gunakan untuk memperbagus jalan atau apa saja yang penting buat kemaslahatan masyarakat. Sudah ada 10 ribu lebih rumah warga kurang mampu kita bantu dengan program bedah rumah,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung, Sahriwansyah, menegaskan dalam tupoksinya pada pengelolaan sampah, pihaknya mengaku telah melakukan pengangkutan sampah dari hulu sampai ke hilir.

“Informasi yang benar adalah informasi dari kami, karena kami menggunakan data. Jika ada berita yang lain, ini saya luruskan. Sehingga tidak terjadi simpang siur di masyarakat,” ucap Sahriwansyah,

Dirinya membeberkan pengelolaan di Kota Bandarlampung, khususnya sampah yang berasal dari masyarakat masih dapat terkendali. Sebab jumlah armada yang dimiliki Pemerintah Kota Bandarlampung masih dapat beroperasi dengan baik.

Seperti dum truk, total keseluruhannya berjumlah 89 unit. Kini masih ada 73 unit yang masih beroperasi dengan baik. Sementara 12 kendaraan masuk dalam kategori rusak dan akan dilakukan penghapusan di tahun ini.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga memiliki kendaraan truk amrol, yang berfungsi sebagai armada pengangkut container sampah yang tersebar di tempat pembuangan sampah sementara di Kota Bandarlampung.

“Itu berjumlah 38 unit. Dan 2 sudah rusak berat. 1 unit terbakar di teluk, yang 36 beroperasi dalam kondisi baik,” jelasnya.

Sementara dalam pengelolaan sampah di pusat kota, ia mengatakan Dinas Lingkungan Hidup sejak lama memiliki Satgas khsus yang terus beroperasi untuk menjaga kebersihan di Kota Bandarlampung.

Satgas sendiri mengoperasikan sebanyak 35 unit mobil pickup. Namun 2 unit kini telah dalam keadaan rusak berat dan akan dilakukan penghapusan.

“Ini yang saya sebut satgas, artinya setelah terangkut dengan dump truck dan truck amrol, satgas akan menyisir sampah yang dibuang masyarakat di jalanan,” kata dia.

Selain pickup, satgas juga mengoperasikan kendaraan roda tiga sebanyak 48 unit. Namun 15 unit sudah tidak layak. Sementara yang beroperasi sebanyak 33 unit. (har)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama

Bandarlampung Bakal Gratis-kan Vaksin Covid-19

Published

on

Bandar Lampung- Pemerintah Kota Bandar Lampung akan mengikuti intruksi Presiden Indonesia Joko Widodo bahwa vaksin Covid-19 akan dibagikan gratis tanpa persyaratan apapun.

Walikota Bandar Lampung Herman HN mengatakan untuk vaksin covid 19 dia akan membagikan secara gratis untuk masyarakat kota Bandar Lampung.

“Vaksin covid 19 sudah di jelas kan oleh pemerintah pusat jika akan dibagikan gratis dan pemkot akan membayar atau membeli vaksin covid untuk pemegang kartu KIS tidak perlu khawatir itu akan mendapatkan secara gratis,” ungkap Walikota Herman HN saat meninjau flyover Sultan Agung, (20/12).

Walikota juga menjelaskan dia akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat terkait usia yang akan mendapatkan vaksin covid 19 secara gratis . “Antara 17 hingga 59 tahun karena yang lebih paham secara ilmiah dan ahlinya kan dari pusat jadi kita hanya mengikuti saja,”pungkasnya. (Har)

Continue Reading

Berita Utama

Abaikan Prokes, Toko Oleh-oleh Ditutup Paksa

Published

on

Bandar Lampung – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menutup sementara toko produk oleh-oleh khas Lampung Aneka Sari Rasa yang terletak di Jalan Ikan Kakap, Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan (TBS) akibat pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku. Selasa, (15/12).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Bandar Lampung, Ahmad Nurizki Erwandi menjelaskan, penutupan dilakukan berdasarkan perintah Ketua Satgas Kota Bandar Lampung Herman HN, karena saat beberapa kali melakukan sidak lokasi, pihak pengelola usaha mengabaikan prokes.

“Kami mendapat informasi terkait dengan salah satu gerai oleh-oleh makanan khas Lampung di Teluk Betung yang tidak mengikuti prokes. Bahkan ketua Satgas langsung mengecek ke lokasi dan membuktikan mereka tidak mengikut prokes,” ujarnya.

“Karena terlalu banyak pengunjung yang terlalu berkerumun di tempat tersebut, bahkan ketika Ketua Satgas mengecek langsung ke lapangan, mereka tidak mengikuti protokol kesehatan, jadi kami selaku Satgas, atas perintah langsung dari bapak Walikota untuk Satgas memberikan sanksi yang tegas, maka pada hari ini atas beberapa hal, kami melakukan penutupan atau penyegelan untuk sementara dan ini juga berlaku untuk semua yang melanggar protokol kesehatan,” kata jubir Satgas Nurizki.

Selanjutnya, Ahmad Nurizki mengatakan, bahwa penyegelan atau penutup salah satu gerai tersebut dilakukan sementara sampai pemilik gerai sanggup menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Seperti yang sudah kita ketahui, Bandar Lampung ini masuk ke dalam zona merah, sudah 2.000 lebih kasus positif Covid-19, walaupun sudah banyak juga yang sembuh, maka dari itu kami selaku Satgas Covid-19 menyampaikan kepada pihak yang berwenang atau berkewajiban, bukan berarti menutup usaha ekonomi, tetapi kita harus tetap melaksanakan dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” tutup Jubir Satgas Ahmad Nurizki. (Har)

Continue Reading

Berita Utama

Kota Bandar Lampung Berpredikat Peduli HAM

Published

on

Bandar Lampung – Pemerintah Kota Bandar Lampung mendapatkan predikat sebagai kota peduli terhadap Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung Danan Purnomo S.H di Aula Gedung Kanwil Kemenkumham setempat, Senin (14/12).

Asisten I bidang Pemerintah dan kesejahteraan Rakyat Sukarma Wijaya yang mewakili Walikota Bandar Lampung Hert HN menerima Penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Lampung.

Sebanyak enam daerah kabupaten/kota di Lampung menerima predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM di antaranya Kota Bandarlampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulangbawang.

Kemudian 7 kabupaten lainnya meraih predikat cukup peduli HAM seperti Lampung Barat, Lampung Timur, Mesuji, Pesisir Barat, Tanggamus, Tulangbawang Barat, dan Way Kanan, dan 2 kabupaten belum meraih penghargaan yaitu Pesawaran dan Lampung Tengah.

Kemenkumham berharap pada 2021 mendatang seluruh kabupaten/kota mendapatkan predikat peduli HAM serta mendorong peningkatan kualitas layanan publik di instansi pemerintah yang berbasis HAM.

“Ada 3 kabupaten yang mampu mempertahankan 3 tahun berturut-turut yaitu Pringsewu, Tulangbawang, dan Kota Metro,” kata Danan Purnomo.

Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-72 Tahun 2020 diperingati setiap 10 Desember dengan tema ‘Recover Better, Stand Up For Human Rights’.

Setiap tahun Kementerian Hukum dan HAM menjadikan momentum ini memberikan penghargaan kepada daerah. Pemberian penghargaan diserahkan Menkumham secara virtual sebagai Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Tahun ini sebanyak 259 kabupaten/kota atau 50,4 persen dari jumlah keseluruhan 439 kabupaten/kota di Indonesia yang mengikuti penilaian oleh Kemenkumham.

Terdapat beberapa Provinsi yang menerima penghargaan yakni Peringatan Hak Asasi Manusia Sedunia yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tennggara, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara wali Kota Bandarlampung Herman HN mengatakan saat menghadiri acara penghargaan di kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham bandar lampung mendapatkan dengan kategori peduli Hak Asasi Manusia.

“Penghargaan ini di berikan ke Pemda kota karena semua pelayanan umum dari masalah hukum dan ham serta masalah pendidikan dan urusan perempuan dari hari ke hari akan terus diperbaiki sehingga kita mampu mempertahankan predikat kota yang peduli dengan Hak asasi Manusia,”ujar Herman HN walikota Bandar Lampung dua periode.(har)

Continue Reading

BERITA POPULER